Deretan Hidangan Laut Kroasia Wajib Dicoba!

Deretan Hidangan Laut Kroasia Wajib Dicoba!

Salah satu hidangan yang banyak disukai adalah hidangan laut. Kroasia tentu menjadi salah satu negara yang dituju untuk mencoba hidangan laut terbaik. Berikut adalah hidangan laut khas Kroasia.

Buzara

Buzara adalah teknik memasak makanan laut khas Kroasia dengan memasaknya dalam campuran minyak zaitun, bawang putih, rempah segar (biasanya peterseli), dan (kadang-kadang) remah roti. Metode persiapan ini menghasilkan saus beraroma yang memberikan hidangan ini rasa dan aroma khas, segar, dan bersih yang mengingatkan pada laut.

Hidangan ini hanya dibumbui dengan garam dan merica, sedangkan pilihan makanan laut yang paling umum adalah scampi (škampi na buzaru) atau remis (dagnje na buzaru), tetapi kerang, udang, lobster, limpet, atau bahkan ikan kecil juga sering dimasak menggunakan metode ini.

Dagnje na buzaru

Dagnje na buzaru adalah hidangan tradisional pesisir Kroasia yang dibuat dengan kerang sebagai bahan utama. Kerang https://www.pattersonharvestbuffet.com/ digosok, dimasukkan ke dalam panci berisi air hangat, ditutup, dan dipanaskan sebentar hingga semuanya pecah. Minyak zaitun, bawang putih, peterseli, dan sedikit merica ditumis, lalu dicampur dengan kerang dan mungkin beberapa irisan lemon. Sebelum disajikan, dagnje na buzaru sering ditaburi remah roti agar lebih mengental, lalu hidangan tersebut disajikan dengan banyak roti di sampingnya untuk menyerap sisa sarinya.

Jadranske lignje na padelu

Jadranske lignje na padelu adalah hidangan tradisional Dalmatia yang dibuat dengan cumi-cumi segar, minyak zaitun, kaldu ikan, bawang putih, peterseli, lada, dan kentang. Cumi-cumi tersebut dibersihkan dan dibumbui terlebih dahulu, lalu digoreng dalam minyak zaitun dengan bawang putih dan peterseli. Kombinasi ini semakin diperkaya dengan penambahan kaldu ikan dan kentang. Hidangan ini merupakan makanan pokok selama musim panas di Dalmatia.

Brudet

Brudet adalah salah satu hidangan klasik Kroasia tradisional. Disiapkan dengan berbagai makanan laut, semur pedesaan ini disantap di sepanjang pantai Kroasia. Hampir mustahil menemukan resep brudet yang unik karena setiap daerah, kota, dan rumah tangga memiliki versi favorit dari hidangan ini. Pedoman umum menyarankan agar setidaknya tiga jenis ikan yang berbeda digunakan selalu potong menjadi potongan yang lebih besar dan biarkan dengan tulangnya. Ikan kalajengking, ikan monkfish, ikan kerapu atau ikan berdaging putih lainnya cocok untuk brudet.

Salad gurita (Salata od hobotnice)

Salata od hobotnice adalah salad gurita tradisional Kroasia yang berasal dari Dalmatia, tetapi sangat populer di seluruh negeri, terutama selama musim panas. Meskipun ada banyak versi, salad ini biasanya dibuat dengan kombinasi gurita, bawang bombay, bawang putih, daun salam, minyak zaitun, peterseli, kentang, garam, cuka dan tomat. Gurita yang sudah dibersihkan dimasak, lalu dipotong-potong kecil dan dicampur dengan bahan lainnya.

Dagnje na crvenu buzaru

Mydia atau dagnje na crvenu buzaru adalah hidangan pembuka populer Yunani dan Kroasia yang terdiri dari kerang segar yang dikukus bersama dengan rempah segar, bawang putih, dan berbagai sayuran kebun. Hidangan ini biasanya disiram dengan saus merah Mediterania. Hidangan ini disajikan di sebagian besar kedai ikan (disebut psarotaverna) di Yunani dan di sebagian besar restoran pesisir di Kroasia, disertai dengan banyak roti yang digunakan untuk menyerap saus yang lezat. Di Kroasia, hidangan ini juga dikenal sebagai dagnje na crveno.

Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi deretan hidangan laut Kroasia. Pada setiap sajian menawarkan kelezatan unik yang mencerminkan kekayaan laut Adriatik dan tradisi kuliner yang mendalam dan bermakna