Cara Merawat Genset 5 KVA Agar Awet

merawat genset 5 kva

Genset merupakan perangkat yang sangat penting untuk disediakan pada acara tertentu maupun untuk keperluan rumah tangga. Kemampuannya untuk menghasilkan daya listrik dengan menggunakan bahan bakar membuat genset menjadi pilihan terbaik untuk memastikan kelancaran suatu acara. Mengingat pentingnya genset, Anda perlu memperhatikan perawatan genset agar tetap dalam kondisi optimal.

Genset sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dan tipe. Tersedia juga berbagai pilihan genset yang menghasilkan kapasitas daya listrik yang berbeda. Dalam hal perawatan, genset berbagai KVA membutuhkan perawatan yang hampir serupa. Perawatan tersebut bertujuan untuk memperpanjang umur mesin sehingga dapat digunakan secara optimal.

Cara Merawat Genset Dengan Tepat

Setelah membeli dari distributor genset yang jual genset 5 KVA, Anda perlu memperhatikan cara perawatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat genset agar bisa awet dan tahan lama:

  1. Pilih tempat yang sesuai

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memastikan genset selalu dalam kondisi baik adalah dengan menyimpan pada tempat yang sesuai. Anda bisa memperhatikan tempat jual genset 5KVA yang selalu kering dan bersih. Hal ini karena genset harus disimpan di tempat yang kering dan terhindar dari terik matahari. Sangat tidak disarankan untuk meletakkan genset pada tempat lembab karena dapat mengurangi masa pakai genset tersebut.

  1. Jaga kebersihan genset

Ketika genset sedang tidak digunakan atau selesai digunakan, ada baiknya untuk membersihkan perangkat tersebut secara rutin. Pembersihan genset dari berbagai kotoran semisal debu, minyak ataupun air dapat mengoptimalkan kinerja genset. Sebagaimana yang Anda lihat di tempat jual genset 5 KVA, Anda akan menemukan genset tersebut terbungkus rapi atau dalam kondisi yang bersih.

Kebersihan memang perlu untuk diperhatikan, terutama pada bagian radiator genset. Kotoran yang menempel dan menumpuk akan menghambat kerja genset sehingga membuat alat tersebut mudah rusak.

  1. Pastikan sirkulasi udara yang baik

Perawatan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membuat genset lebih awet dan tahan lama adalah dengan memastikan sirkulasi udara yang baik. Ketika mengoperasikan genset dalam suatu ruangan, pastikan genset mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan genset akan mengeluarkan gas buang sebagai hasil pembakaran.

Asap yang dikeluarkan dapat terbuang dengan baik jika sirkulasi udara dalam ruangan juga baik. Sebaliknya, ruangan tertutup membuat gas buang tersebut terjebak di dalam ruangan. Alhasil, mesin genset menjadi lebih cepat panas sehingga mengurangi masa pakai genset.

  1. Perhatikan kabel instrument

Setiap perangkat genset memiliki kabel yang perlu untuk diperhatikan kondisinya. Kabel tersebut juga harus mendapatkan perawatan yang sesuai karena merupakan bagian dari genset itu sendiri. Kabel yang mengelupas maupun dalam kondisi yang tidak layak akan mempercepat kerusakan genset. Oleh karena itu, pastikan kondisi setiap bagian sebelum penyimpanan dan sesudah pemakaian.

Baca Juga : Generator Tenaga Surya