Pertolongan Pertama pada Anak Demam

Pertolongan Pertama pada Anak Demam – Demam pada anak adalah hal yang sangat umum terjadi, dan kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak berusia 12 hingga 18 bulan. Kenaikan suhu tubuh anak ini cukup lumrah terjadi mengingat anak masih mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Namun, tidak dapat disangkal kalau kekhawatiran yang orangtua alami pasti ada. Dengan penanganan yang tepat, ini dapat membantu anak terhindar dari komplikasi akibat demam.

1. Dorong Anak untuk Minum Cairan

Biasanya ketika anak sedang tidak enak badan apalagi karena demam, ia jadi enggan makan dan minum. Padahal, ketika demam, anak butuh mendapatkan sbobet indonesia asupan cairan yang cukup karena air di dalam tubuh mereka cepat hilang karena ia berkeringat atau karena ia banyak pipis. Apalagi jika demam disertai dengan muntah dan diare, air dalam tubuh anak pun dapat dengan mudah hilang. Karena itu, ibu perlu mendorong anak untuk mengonsumsi cairan, baik minuman hangat maupun air putih bersuhu normal. Berikan pelan-pelan kepada anak, dan pastikan untuk tak hanya memberikan air putih saja, tetapi minuman elektrolit yang mengandung ion yang dibutuhkan tubuhnya. Air juga bisa diberikan melalui jus, sup ayam, atau makanan lain yang anak suka. Ada beberapa gejala dehidrasi yang bisa membahayakan kondisi anak yang sedang demam, seperti intensitas berkemih yang berkurang, menangis tanpa air mata, mulut kering atau menolak minum cairan apa pun. Jadi, pastikan kebutuhan cairan anak tetap terpenuhi.

2. Jangan Tutupi Badan Anak dengan Selimut Tebal

Banyak yang menyarankan untuk menutupi badan anak dengan selimut tebal ketika demam. Padahal idealnya, anak harusnya berpakaian senyaman mungkin. Bila memungkinkan gunakan pendingin udara supaya anak mendapatkan suhu yang pas untuk membantu menetralkan suhu tingginya. Pastikan anak menggunakan baju berbahan katun yang mudah menyerap keringat mereka.

3. Kompres Air Hangat

Apabila penyebab demam adalah infeksi virus, ibu dapat memberikan pertolongan pertama saat anak demam dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat dapat langsung terserap pada pusat tubuh, sehingga akan menurunkan suhu secara otomatis. Hindari menggunakan alkohol atau air dingin. Alkohol akan berbahaya karena uapnya berdampak negatif ketika terhirup oleh bayi. Jika masih bingung idealnya mengompres bayi dengan air hangat atau air dingin, tanyakan langsung saja pada dokter. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak yang tinggi. Dokter pun dapat ibu hubungi kapan dan di mana saja, sehingga ibu tak perlu lagi bingung bagaimana cara menolong anak yang sedang demam.